Sunday, October 9, 2016

Alat Ukur Mekanik

Alat ukur mekanik adalah alat ukur untuk mengetahui ukuran atau dimensi dan kondisi fisik suatu komponen seperti panjang,lebar,tinggi,dan sebagainya. Pembacaan hasil ukuran dengan alat ukur mekanik dapat langsung dibaca pada skala alat ukurnya atau dengan bantuan alat ukur lain yang memiliki skala ukur. Adapun alat ukur mekanik diantaranya adalah : 

1. Mistar Baja (steelrule)
Hasil gambar untuk mistar baja 
Mistar baja digunakan dibengkel untuk mengukur panjang,lebar atau tebal suatu benda. Satuan ukuran yang terdapat pada mistar  baja adalah metrik (cm,mm) dan british (inchi).

2. Straight Edge
Hasil gambar untuk alat ukur straight edge 
Straight edge adalah alat yang digunakan untuk mengukur kerataan suatu permukaan. Bentuk straight edge tampak seperti mistar baja,tetapi tidak terdapat skala ukuran. Dalam bidang otomotif,straight edge digunakan untuk mengukur kerataan permukaan blok silinder dan kepala silinder sepeda motor atau mobil. 

3. Dial Gauge Indikator
Hasil gambar untuk alat ukur dial gauge 
Dial gauge indikator adalah alat ukur yang digunakan untuk memeriksa penyimpangan (kebalingan) yang sangat kecil dari bidang datar,bidang silinder,atau permukaan bulat dari suatu benda. Konstruksi sebuah alat dial gauge terdiri atas jarum ukur,yang dilengkapi dengan alat penopang seperti blok alas magnet,batang penyangga,penjepit,dan baut penjepit. 
Pada dial gauge indikator terdapat dua skala,yang pertama skala yang besar (terdiri dari 100 strip) dan skala yang lebih kecil. Pada skala yang besar tiap stripnya bernilai 0,01 mm. 
Jadi ketika jarum panjang berputar 1 kali penuh maka menunjukkan pengukuran tersebut sebesar 1 mm,sedangkan skala yang kecil merupakan penghitung putaran dari jarum panjang pada skala yang besar. Sebagai contoh,jika jarum panjang pada skala besar bergerak sejauh 6 strip dan jarum pada skala kecil bergerak pada skala 3 maka artinya hasil pengukurannya adalah 3,06 mm. Hasil pengukuran tersebut diperoleh dari : 
         * Skala pada jarum panjang dibaca : 6 x 0,01 mm = 0,06 mm
         * Skala pada jarum pendek dibaca : 3 x 1 mm = 3 mm
         * Maka hasil pengukurannya adalah 0,06 mm + 3 mm = 3,06 mm
4. Cylinder Bore Gauge
Hasil gambar untuk alat ukur cylinder bore gauge 
Cylinder bore gauge adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur diameter silinder dan komponen lain secara teliti dalam pengukuran komponen-komponen otomotif.

5. Feeler Gauge
Hasil gambar untuk alat ukur feeler gauge 
Feeler gauge adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur celah yang sulit dijangkau oleh alat ukur lainnya,misalnya celah katup,celah bantalan,celah samping ring piston,dsb. Alat ini terdiri dari beberapa lembaran baja tipis yang memiliki presisi ukuran sampai 0,01 mm.

6. Screw Pitch Gauge
Hasil gambar untuk alat ukur screw pitch gaugeHasil gambar untuk alat ukur screw pitch gauge   
Screw pitch gauge adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur jarak ulir atau kisar dari sebuah baut. Sama seperti feeler gauge,satu set alat ini terdiri dari beberapa bilah dengan bentuk yang berbeda. Ukuran setiap bilah tercantum pada tiap bilahnya.

7. Kunci Momen
Hasil gambar untuk alat ukur kunci momen  Hasil gambar untuk alat ukur kunci momen    
Kunci momen berfungsi untuk mengencangkar mur atau baut sesuai dengan ukuran kekencangan yang ditentukan. Pada bagian ujungnya kunci momen bisa dipasang kunci soket sesuai dengan ukuran mur atau baut yang akan dikencangkan. Pada ujung yang lain (dekat handle) terdapat jarum penunjuk dan angka-angka yang menunjukkan nilai kekencangan dari mur atau baut yang dikencangkan,jarum akan bergerak sesuai dengan kekencangan yang diberikan. 

8. Busur Bilah/Busur Derajat (Protactor)
Hasil gambar untuk alat ukur busur derajat 
Busur derajat adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur sudut secara langsung. Derajat ketelitian yang dapat dicapai sampai 5 menit,dan daerah ukurnya adalah 360 derajat.

9. Jangka Bengkok (Outside Calipers)
Hasil gambar untuk alat ukur jangka bengkok  
Jangka bengkok digunakan untuk mengukur diameter luar atau alat ukur bagian luar dari suatu benda. Alat terdiri dari sepasang kaki bengkok dan sebuah mur baut sebagai pengatur. 

10. Jangka Kaki (Inside Calipers)
Hasil gambar untuk alat ukur jangka kaki  
Jangka kaki berfungsi untuk mengukur diameter dalam (diameter lubang) atau lebah suatu celah dari suatu benda. Kakinya berbentuk lurus dan ujungnya menonjol keluar. 

11. Jangka Sorong (Varnier Calipers)
Hasil gambar untuk alat ukur jangka sorong   
Jangka sorong adalah alat yang digunakan untuk mengukur dimensi luar,dimensi dalam dan kedalaman suatu benda. Skala pengukuran pada jangka sorong biasanya menggunakan satuan mm dan inchi. Ketelitian jangka sorong dapat mencapai 0,001 inchi untuk satuan inchi dan 0,02 mm untuk satuan mm

12. Mikrometer
Hasil gambar untuk alat ukur mikrometer   
Mikrometer adalah alat ukur besaran panjang yang cukup presisi,mempunyai ketelitian hingga 0,001 mm.

0 comments :

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Powered by Blogger.

Subscribe Here

Find Us On Facebook

Gallery

Random Posts

Social Share

Flickr

Sponsor

Recent comments

Facebook

Recent

Flickr

Random Posts

Recent Posts

Paling Dilihat